Home » » Mubtada' Wal khabar

Mubtada' Wal khabar

Written By Agus Prasetyo on Selasa, 05 Juni 2012 | 20.57

الْمُبْتَدَأُ وَالْخَبَرُ
(MUBTADA’ dan KHOBAR)
Mubtada’ adalah isim marfu’ yang biasanya terdapat di awal kalimat (Subyek). Sedangkan Khobar adalah sesuatu yang dapat menyempurnakan makna mubtada’ (Predikat), Contoh:
1. مُحَمَّدٌ طَبِيْبٌ (Muhammad adalah seorang dokter)
2. الْأُسْتَاذُ مَرِيْضٌ (Ustadz itu sakit)
A. Ketentuan-ketentuan Mubtada’ dan khobar
1. Mubtada’ dan khobar merupakan isim-isim marfu’, Contoh:
a. الْوَلَدُ نَشِيْطٌ (Anak itu rajin)
b. أَبُوْكَ مَاهِرٌ (Bapakmu adalah orang yang pandai)
c. الْقَاضِى عَادِلٌ (Hakim itu adil)
2. Mubtada’ dan khobar harus selalu sesuai dari sisi bilangannya, Contoh:
a. الْمُسْلِمُ حَاضِرٌ (Seorang muslim itu hadir)
b. الْمُسْلِمَانِ حَاضِرَانِ (Dua orang muslim itu hadir)
c. الْمُسلِمُوْنَ حَاضِرُوْنَ (Orang-orang muslim itu hadir)
3. Mubtada’ dan khobar harus selalu sesuai dari sisi jenisnya, Contoh:
a. الْمُسْلِمُ صَالِحٌ (Orang muslim itu sholeh)
b. الْمُسْلِمَةُ صَالِحَةٌ (Orang muslimah itu sholihah)
c. الْمُؤْمِنُوْنَ مُجْتَهِدُوْنَ (Para lelaki mu’min itu orang yang bersungguh-sungguh)
d. الْمُؤْمِنَاتُ مُجْتَهِدَاتٌ (Para perempuan mu’min itu orang yang bersungguh-sungguh)
B. Macam-Macam Khobar (أَنْوَاعُ الْخَبَرِ)

1. Khobar Mufrod
Khobar mufrod adalah khobar yang bukan berupa jumlah maupun syibhul jumlah. Contoh:
a. الْعَامِلُ حَاضِرٌ (Seorang pekerja itu hadir)
b. الْعَامِلاَنِ حَاضِرَانِ (Dua orang pekerja itu hadir)
c. الْعُمَّالُ حَاضِرُوْنَ (Para pekerja itu hadir)
2. Khobar Murokkab
Khobar murokkab adalah khobar yang berupa jumlah atau syibhul jumlah.
a. Khobar yang berupa jumlah
1) Jumlah Ismiyah, Contoh:
a) الْوَلَدُ كِتَابُهُ جَدِيْدٌ (Anak laki-laki itu bukunya baru)
b) الْوَلَدُ أَبُوْهُ حَاضِرٌ (Anak laki-laki itu bapaknya hadir)
c) الْمَدْرَسَةُ مُدَرِّسُهَا حَضَرَ (Sekolahan itu pengajarnya telah hadir)
2) Jumlah Fi’liyah, Contoh:
a) الْوَلَدُ حَضَرَ أَبُوْهُ (Anak itu telah hadir bapaknya)
b) الْمُدَرِّسُ حَضَرَ (Seorang pengajar itu telah hadir)
c) الْمُدَرِّسُوْنَ حَضَرُوْا (Para pengajar itu telah hadir)
b. Khobar yang berupa syibhul jumlah
1) Jer dan Majrur, Contoh:
a) مُحَمَّدٌ فِى الْبَيْتِ (Muhammad di dalam rumah)
b) الْكِتَابُ عَلَى الْمَكْتَبِ (Buku itu di atas meja)
2) Dhorof dan Mudhof ilaih, Contoh:
a) مُحَمَّدٌ أَمَامَ الْبَيْتِ (Muhammad di depan rumah)
b) الْهِرَّةُ تَحْتَ الْمَكْتَبِ (Kucing itu di bawah meja)
Susunan mubtada’ dan khobar membentuk jumlah isimiyah, sedangkan susunan fi’il dan fa’il membentuk jumlah fi’ilyah. Contoh: الْمُسْلِمُ حَضَرَ (Jumlah isimiyah), حَضَرَ الْمُسْلِمُ (Jumlah fi’liyah).
Apabila khobar berupa jumlah fi’liyah yang fa’ilnya berupa dhomir, maka harus mengikuti mubtada’nya dari sisi bilangan dan jenisnya. Contoh: (الْمُسْلِمُ حَضَرَ), (الْمُسْلِمُوْنَ حَضَرُوْا), (الْمُسْلِمَةُ حَضَرَتْ), (الْمُسْلِمَاتُ حَضَرْنَ).
Terkadang letak khobar didahulukan daripada mubtada’. Khobar ini dinamakan khobar muqoddam (خَبَرٌ مُقَدَّمٌ) dan mubtada’nya dinamakan mubtada’ muakhkhor (مُبْتَدَأٌ مُؤَخَّرٌ). Contoh: (فِى الْبَيْتِ رَجُلٌ), (عِنْدِى فُلُوْسٌ). I’rob dari khobar yang berbentuk murokkab adalah fi mahalli rof’in ( فِى مَحَلِّ رَفْعٍ ).

C. Khobar Inna Dan Saudari-Saudarinya
Inna dan saudari-saudarinya merupakan huruf yang masuk pada susunan mubtada dan khobar, sehingga menashabkan mubtada dan merofa’kan khobar. Mubtada’ yang telah dinashabkan oleh inna dan saudari-saudarinya dikenal dengan Isim Inna. Dan sedangkan Khobar yang telah dirofa’kan oleh inna dan saudari-saudarinya dikenal dengan Khobar Inna. Sehingga istilahnya menjadi berubah, dari mubtada menjadi isim inna dan khobar menjadi khobar inna. Contoh:
a. إِنَّ اللهَ حَكِيْمٌ (Sesungguhnya Allah adalah Maha Bijaksana)
b. إِنَّ عَلِيًّا ذَكِيٌّ (Sesungguhnya Ali adalah Anak yang cerdas)
c. إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ (Sesungguhnya Agama ini mudah)
Perincian kalimat:
(اللهُ حَكِيْمٌ — إِنَّ اللهَ حَكِيْمٌ), (عَلِيٌّ ذَكِيٌّ — إِنَّ عَلِيًّا ذَكِيٌّ), (الدِّينُ يُسْرٌ — إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ)
D. Pembagian Khobar Inna (أَنْوَاعُ خَبَرِ إِنَّ)

E. Macam-Macam Khobar Inna:
1. Mufrod, Contoh: إِنَّ الْجَنَّةَ حَقٌّ (Sesungguhnya keberadaan Surga adalah benar)
2. Jar Majrur, Contoh: إِنَّ اللهَ فِي السَّمَاءِ (Sesungguhnya Allah berada di atas langit)
3. Zharaf, Contoh: وَأَنَّ الْفَرَجَ مَعَ الْكَرْبِ (Sesungguhnya jalan keluar bersama dengan kesusahan)
4. Jumlah Ismiyyah, Contoh: إِنَّ عُمَرَ وَلَدُهُ صَالِحٌ (Sesungguhnya anaknya Umar adalah anak shalih)
5. Jumlah Fi’liyyah, Contoh: إِنَّ اللهَ يَرَى (Sesungguhnya Allah Melihat)
Untuk menentukan mana isim inna dan khobarnya, terlebih dahulu harus dicari mana mubtada dan khabarnya, sehingga apabila didapatkan khobar di depan atau mubtada di belakang maka isim dan khobar inna juga menyesuaikan. Contohnya adalah kalimat: فِي الْبَيْتِ الرَّجُلُ (Seorang laki-laki itu di dalam rumah) Maka kata فِي الْبَيْتِ adalah khobar muqoddam, sedangkan الرَّجُلُ adalah mubtada muakhkhor. Sehingga apabila kemasukan inna, kalimatnya menjadi: إِنَّ فِي الْبَيْتِ الرَّجُلَ
Jika mubtada berbentuk dhomir maka isim inna menyesuaikan, Contoh: هُمْ مُسْلِمُوْنَ Menjadi, إِنَّهُمْ مُسْلِمُوْنَ Contoh lain: أَنْتَ ذَكِيٌّ Menjadi, إِنَّكَ ذَكِيٌّ
F. Macam-Macam Khobar Kaana(أَنْوَاعُ خَبَرِ كَانَ)

1. Khobar Kaana yang berbentuk mufrod, Contoh: كَانَ الْعَامِلُ حَاضِرًا.
2. Khobar Kaana yang berbentuk murokkab, Contoh: (كَانَ الْوَلَدُ كِتَابُهُ جَدِيْدٌ), (كَان الْمُدَرِّسُوْنَ حَضَرُوْا), (كَانَ مُحَمَّدٌ فِى الْبَيْتِ), (كَانَ مُحَمَّدٌ أَمَامَ الْبَيْتِ)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fuad Aly El-Manshury - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger